Pages

Kamis, 03 Februari 2011

Protect Your Mac: Amankan Pekerjaan Anda dari Pengintip

test

Anda baru saja menyimpan file yang dikerjakan dan beranjak sesaat dari kursi untuk mengambil kudapan. Ternyata, di sela-sela waktu itu, ada file yang masih terbuka di layar lain dan mudah dilihat oleh orang lain. Di kesempatan lain, Anda sedang berada di rumah dan menyimpan file di komputer rumah yang berisi data-data finansial, pada komputer yang digunakan bersama-sama dengan anak –anak. Apakah Anda yakin bahwa file tersebut aman dari jangkauan orang-orang yang tidak berkepentingan?

Memblok akses ke file penting adalah tanggung jawab kita sendiri, dan bukan karena sistem keamanan dalam komputer tidak langsung mengamankan file tersebut untuk kita. Memang dalam hal ini, yang perlu disalahkan adalah orang yang tidak berkepentingan yang akhirnya mencari tahu atau tidak sengaja melihat, mengubah isi file yang sedang Anda kerjakan tersebut.

Terkadang, pencurian hasil karya juga bisa saja terjadi karena hal ini, dan tidak ada yang bisa disalahkan apabila tidak ada bukti-bukti kuatnya.

Beberapa hal mendasar dalam melindungi dan mengamankan file adalah dengan cara-cara yang akan saya jabarkan berikut ini:

1. Pertama, biasakan untuk menutup setiap file yang masih terbuka ketika Anda sedang tidak berada di tempat, dan juga tutup semua sesi screen sharing yang masih terbuka. Terkadang, Anda tidak menyadari ketika file tersebut dibuka, ada saja orang yang walaupun tidak berniat buruk namun tidak sengaja melihat isinya di layar.


2. Beri password atau pengamanan pada username yang Anda miliki! Ini sangat penting karena cara ini adalah salah satu cara yang paling mudah, tapi sering diacuhkan oleh pengguna karena entah malas mengisi password ketika komputer dinyalakan atau karena sering lupa.

3. Ketika Anda meninggalkan komputer, Energy Saver akan mengunci Mac, sehingga ketika Anda kembali, Anda harus log in untuk bisa mengakses komputer. Untuk memastikan bahwa fitur kuncian ini aktif, atur Energy Saver ke Defaults untuk alasan keamanan.

4. Cara berikutnya adalah mengaktifkan keychain Lock pada Keychain Access. Hal ini diperlukan apabila kita ingin memastikan bahwa data/file/pekerjaan kita dalam keadaan terkunci dan tetap aman sekalipun pengintip berusaha untuk menjebolnya dengan cara-cara manual. Untuk mencegahnya, aktifkan dan buat password master untuk Keychain Lock (Anda bisa menyamakan password ini dengan password unit Macintosh Anda).

Saya juga pernah membahas mengenai Firmware Password di Macworld edisi terdahulu. Fitur ini bagus untuk diaktifkan di mesin kesayangan Anda untuk melindungi datanya, terutama dari pencurian secara fisik. Artikelnya bisa dibaca pada ‘Proteksi Macintosh Anda dengan Firmware Password’ di Macworld edisi pertama, atau silahkan kirimkan e-mail ke redaksi untuk meminta detail cara-cara yang perlu ditempuh.

Satu pesan terakhir saya: Janganlah malas untuk melakukan hal-hal yang perlu demi keamanan mesin atau data Anda, dan proses-proses itu hanya memakan beberapa menit saja. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan pengintip, plagiator, dan pencuri. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

sumber;http://www.megindo.net/macworld/index.php?hal=help&id=7

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts