Pages

Minggu, 06 Februari 2011

Pilihlah Monitor-monitor Hemat Daya


KOMPAS.com - Dalam memilih perangkat komputer yang hemat daya, monitor adalah salah satu yang mesti diperhatikan selain desktop atau CPU (central processing unit). Publikasi hasil penilaian Greenpeace Electronics Survey 2010 yang baru-baru ini diumumkan menunjukkan beberapa monitor pilihan yang hemat daya.

Dell G2410H dikatakan sebagai monitor paling hemat daya. Dari skor maksimum 30 yang bisa diberikan, Dell meraih skor 26,6. Dell G2410H unggul dalam energi sleep mode dan off mode yang lebih baik dari standar Energy Star sekalipun.

Sementara, terpaut 0,1 poin di bawahnya, ada Asus VW-247H-HF. Hampir sama seperti Dell, keunggulannya juga off mode dan sleep mode. Pada maximum on power, konsumsi energi Asus adalah yang paling rendah, hanya 16,2 Watt.

Fujitsu P23T-6IPS juga tergolong dalam daftar monitor hemat daya. Saat off mode dan sleep mode, monitor tak mengonsumsi energi apapun alias 0 Watt. Monitor lain yang masuk dalam daftar adalah HP Compaq LE19f dan Lenovo ThinkVision L2251x.

Greenpeace sendiri menempatkan Asus VW-247H-HF sebagai monior paling hijau. Artinya, dengan tak hanya melihat faktor hemat daya saja, monitor produksi Asus tersebut dikatakan sebagai monitor paling ramah lingkungan.

Dilihat dari material pembuatnya misalnya, Asus VW-247H-HF dinyatakan bebas PVC, BFR, antimony, beryllium dan phtalate. Selain itu, 18,55 persen dari material yang digunakan untuk membuat monitor tesebut bisa didaur ulang.

Penilaian pada monitor dan produk elektronik lainnya dilakukan setiap tahun. Tujuannya adalah mengetahui produk-produk elektronik yang paling ramah lingkungan. Tahun ini, makin banyak monitor yang bebas PVC dan BFR.

sumber;http://tekno.kompas.com/read/2011/01/31/13152630/Pilihlah.Monitor.monitor.Hemat.Daya

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts