Pages

Minggu, 20 Februari 2011

Nokia menolak menggunakan Android OS


CEO Nokia, Stephen Elop menghadiri konferensi pers di Barcelona pada malam pembukaan GSMA Mobile World Congress. Beliau lalu mengatakan bahwa keputusan Nokia untuk menggandeng Windows Phone 7 dari Microsoft daripada Android adalah untuk menghindari adanya “duopoly” di dalam Mobile Industry antara Google/Nokia dan Apple. Seorang lagi penantang adalah hal yang paling pas saat ini di dalam ekosistem Mobile tambah Mr. Elop.
Perjanjian antara Nokia dan Microsoft akan murni sebagai sebuah OEM deal dimana Nokia akan membayar Microsoft untuk menggunakan software mereka. Value transfer yang akan menjadi keuntungan Nokia akan bersumber dari berkurangnya ongkos produksi dan sumber penghasilan baru yang berasal dari kemampuan Search dan Advertising yang dimiliki oleh Microsoft.
Saat ditanya tentang kapan WP7-phone pertama Nokia akan rilis, Mr. Elop hanya mengatakan bahwa smartphone akan muncul pada tahun ini. Pertanyaan berikutnya menyangkut isu yang berkembang minggu kemarin dimana Symbian OS dikabarkan akan diakhiri, hal ini lalu di bahas oleh Senior VP Nokia, Jo Hartlow yang mengatakan bahwa investasi Nokia di Symbian akan terus berlangsung walaupun dalam jangka waktu transisi ke WP7. Phone dengan OS hasil kerjasama Nokia dengan Intel, MeeGo, pun akan tetap di luncurkan pada tahun ini dan akan menjadi bagian dari sebuah “next-generation platform strategy” dari Nokia.
Deal antara Nokia dan Microsoft memiliki kelebihan dan kekurangan. Nokia akan membuat aliansi mereka menjadi yang ketiga terbesar dalam ekosistem smartphone di samping Apple dan Android, lalu Microsoft akan didukung oleh Vendor Handset terbesar di dunia. Tetapi di sisi lain, para pekerja Nokia di Finlandia dan para investor di sana tampaknya masih kurang yakin dengan penrjanjian ini. Hal ini dapat dilihat dari sebuah protes yang dilancarkan para pekerja untuk mendukung platform Symbian dan turunnya harga saham Nokia di Finlandia sejauh hampir 15 persen pada pasar hari jumat.

sumber:http://megindo.net/news/Gadget/nokia-%EF%BF%BDmenolak%EF%BF%BD-menggunakan-android-os/3bd1c12d102abc0ec216f3a52799ae1e/#

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts