Pages

Minggu, 27 November 2011

Apple Bakal Jadi Vendor PC Nomor Satu



Apple akan merebut supremasi Hewlett-Packard (HP) sebagai pemimpin vendor PC dunia. Hal itu terjadi sebelum semester kedua 2012, demikian menurut analis Canalys yang mengategorikan tablet sebagai PC. Pada kuartal ketiga 2011 Apple sudah menempati posisi kedua pasar PC dunia.

Tablet, khususnya iPad, telah mengubah dinamika industri PC sejak tahun lalu. Melihat meningkatnya penjualan tablet, Canalys mengestimasikan pengapalan PC tahun 2011 mencapai 415 juta unit, naik 15% dari tahun sebelumnya.

 

Pengapalan tablet saja pada tahun ini sebanyak 59 juta unit, sementara diperkirakan pada kuartal keempat melebihi 22 juta unit. Apple pada kuartal keempat masih mendominasi pasar tablet, walaupun di wilayah Amerika Serikat ada tekanan kompetisi dari Kindle Fire dan Nook Tablet.

Pada empat kuartal tahun ini, menurut analis dari Canalys, pangsa Apple pada pasar PC meningkat dari 9% menjadi 15%. "HP dan Apple akan bertarung untuk menduduki posisi atas pada kuartal keempat, tetapi Apple masih harus menunggu rilis iPad 3 sebelum melampaui HP," kata Tim Coulling, analis dari Canalys.

Penjualan notebook juga ikut berkontribusi mendongkrak pertumbuhan pasar PC tahun ini, dengan total pengapalan 211 juta unit, naik 10% dari tahun lalu. Ultrabook diharapkan oleh Canalys dapat meningkatkan penjualan notebook dalam lima tahun mendatang. Agar Ultrabook dapat diterima secara luas, harganya harus lebih murah dari sekarang. Harga yang sekarang sekitar US$800 menjadi penghambat penetrasi Ultrabook lebih banyak lagi ke pasar.

sumber; http://www.infokomputer.com/reguler/apple-bakal-jadi-vendor-pc-no-1

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts