Pages

Minggu, 30 Januari 2011

Seagate Barracuda XT 2TB



test

Bukan drive tercepat sejagat, tapi yang tercanggih

Hard disk drive mungkin adalah salah satu komponen yang kurang diperhatikan ketika pengguna Mac hendak membangun sebuah sistem komputer yang mumpuni, padahal hard drive sebenarnya sangat penting dari segi kegunaan, yaitu untuk menyimpan data-data sistem operasi, game, dan lain sebagainya. Apabila drive yang kita gunakan jelek, maka data tidak bias diakses dengan cepat, akurat, dan keamanan data juga tidak terjamin. Saat ini kapasitas terbesar hard disk ukuran 3.5 inci internal untuk PC adalah 1.5Terra Bytes atau 1.5TB, dan kapasitas ini baru saja dimajukan lagi oleh Seagate dengan memperkenalkan Seagate Barracuda XT 2TB. Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membedakan drive ini dengan drive lainnya? Bukannya hard drive ini sama saja dan kapasitasnya saja yang ditingkatkan? BIasanya demikian, tapi lihatkah embel-embel XT di belakangnya? Ternyata hard drive ini memang istimewa!

Dukungan Resmi SATA III
Yang paling ditonjolkan oleh Seagate dengan Barracuda XT adalah dukungan resmi terhadap standar Serial ATA III yang mencapai kecepatan 6Gbps.Sebagian besar pengguna mungkin masih menggunakan SATA II 3Gbps, atau bahkan SATA I 1.5Gbps, atau bahkan PATA yang jauh lebih kuno. Jadi, apakah drive baru ini layak untuk dibeli? Kita teliti lebih lanjut.

Penampilan luarnya tidak berbeda dari Seagate Barracuda 7200.xx yang sebelumnya menggunakan antarmuka SATA II. Tapi kalau kita lihat lagi, ternyata ada perbedaan dari segi jumlah piringan dan kerapatan (density) Data yang ada yaitu 347 Gbits/inci persegi, dengan jumlah sector 3,907,029,16. Seagate berhasil membuat drive 2TB yang tidak hanya berkapasitas besar, tapi juga menggunakan daya 6.39 watt dan menghasilkan panas yang tidak jauh berbeda dari seri terdahulunya. Putaran piringan adalah 7.200rpm, masih tidak menyamai Western Digital Caviar Black, tapi karena empat lapis piringan full-size yang ada, tentunya 10.000 rpm agaklah terlalu berlebihan.

Ketika dites dengan menggunakan motherboard khusus yaitu ASUS P7P55D Premium yang menggunakan chipset P55 dengan Marvell 88SE9123 controller untuk SATA 6Gbps, kami mendapati pembacaan seek time 13.6milidetik, tidak secepat yang diklaim oleh Seagate sendiri, tapi itu dikarenakan adanya overhead kontroler non-native P55, dan juga sistem operasi. Angka ini masih lebih cepat daripada seek time pada Seagate Barracuda 1.5TB yang kami gunakan. Kecepatan transfer sangat luar biasa, yaitu 138MB/s pada single-burst mode, di mana NCQ aktif dan hanya menggunakan CPU 1% saja (kami menggunakan Mac Pro Intel Xeon dengan ekstensi Apple Drive Module). Sebagai perbandingan, biasanya hard drive SATA II mentok pada 60-anMB/s pada pengujian HD Tune Pro. Angka ini menunjukkan betapa cepat apabila kita hendak mentransfer file, katakanlah bergiga-giga, maka waktu yang dibutuhkan SATA III sekitar dua kali lebih cepat daripada SATA II.

Drive tercepat? Layakkah dibeli?
Tidak ada keraguan, Seagate sudah membuktikan bahwa SATA III 6Gbps memang sakti, dan dalam waktu dekat akan menggantikan seluruh standar SATA II. Tidak hanya itu, seiring dengan lebih tipisnya platter atau piringan per drive, kita bisa menantikan drive di atas 1TB yang berukuran lebih tipis dan panas yang lebih rendah. Sayang memang, kecepatan spindelnya masih 7.200rpm, tapi untuk pertimbangan itupun kemampuannya masih tetap mengagumkan untuk ekspansi penyimpanan di Mac Pro dan pemakaian professional lainnya. Moga-moga dalam waktu dekat, Apple akan mengupdate Mac Pro untuk mendukung standar SATA III ini sehingga performanya bisa lebih maksimal.

sumber;http://www.megindo.net/macworld/index.php?hal=review&id=10&rated=4

0 comments:

Posting Komentar

Popular Posts